Komisi IV DPRD Sultra Soroti PT. VDNI Terkait Ketenagakerjaan

1240

KENDARI, spiritsultra.id – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ld. Febri Rifai menyoroti PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Terkait ketenagakerjaan.

Pasalnya, Dugaan perekrutan tenaga kerja PT VDNI melibatkan pemerintah daerah (Pemda) Konawe. Harusnya untuk rekrutan tenaga kerja dilimpahkan kepada pihak perusahan daerah (Perusda) yang tidak ada sangkutannya dengan Pemda.

” Sudah berapa kali pemanggilan pihak PT VDNI lewat sharing DPRD Sultra, terkait rekutmen tenaga kerja yang tidak sesuai jalur,” ujar Febri di halaman DPRD, Selasa (15/12/2020)

Lebih lanjut, Febri menjelaskan, Rekrutan tenaga kerja perusahan harus lewat perusahan. Perusahan kerja sama dengan pihak Perusda, kuota diatur oleh penerima tenaga kerja sesuai acuan yang jelas. kontrak kerja harus diberikan kepada calon Kariawan yang lolos seleksi, sesuai dengan aturan yang tertuang dalam kontrak kerja.

” Kariawan yang lolos lewat pengrekrutan harus di berikan jaminan kesejahteraan yang tertuang hak-hak dan kewajiban dari perusahaan yang membuka lowongan tenaga kerja,” jelasnya.

Menurut, Ketua Komisi IV DPRD Sultra mengatakan, Terkait aksi tenaga kerja lokal (TKL) Senin (14/12) yang berunjung rusuh mungkin saja, “Sebagai dugaan” ada oknum yang memicu massa aksi tersebut hingga terjadi hal-hal yang mengakibatkan terjadinya huru-hara.

” Disitu pasti tertuang permintaan massa aksi, sangat jelas bahwa aksi yang terjadi TKL meminta status yang jelas sebagai pekerja di perusahaan PT VDNI. Inilah yang harus dipertimbangkan oleh pihak perusahaan,” terangnya.

Penulis : Adi
Editor    : Colly AT

Komentar Anda