OPTIMASI SALURAN PERSAWAHAN, MASYARAKAT DESA SAMASUBUR MERASA LEGAH.

144
Konut,Spiritsultra.Id

   Program Optimasi lahan persawahan yang secara tekhnis  lewat Dinas Pertanian Kabupaten Konawe Utara sangat berdampak positif di masyarakat petani khususnya bagi petani di persawahan.
   Kabupaten Konawe Utara yang setiap tahunnya tak pernah absen dari kunjungan banjir yang di akibatkan curah Hujan yang terkadang tidak bersahabat, sering mengakibatkan persawahan masyarakat tak luput dari genangan air .
   Di tahun 2020 lalu Dinas Pertanian Kabupaten Konawe Utara telah menyelesaikan beberapa pekerjaan Optimasi saluran persawahan di beberapa tempat yang di Swakelolakan oleh Kelompok tani yang anggarannya bersumber dari Pusat (APBN ).
   Salah satu titik pekerjaan Optimasi lahan di tempatkan di desa Samasubur yang di Swakelolakan oleh kelompok tani TELADAN, yang di ketua oleh Amran Syahrir. dengan luas panjang sekitar 1200 meter.
 ” Alhamndulillah pak, dengan adanya Optimasi saluran persawahan masyarakat sangat bersyukur, sebab selama ini, di setiap tahunnya Sawah mereka selalu terendam air bila musim hujan ” Ucap Amran selaku Ketua Kelompok Tani.
Ia menambahkan, bahwa Optimasi  saluran persawahan yang kurang lebih 1200 meter yang anggarannya bersumber dari Pusat memang sangat membantu, “artinya bukan saja masyarakat Samasubur, tetapi saya sendiri selaku Petani sangat berterimakasih pada pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara yang telah menjembatani dalam memikirkan kesulitan masyarakatnya, sebab bila musim hujan di tahun ini tiba, tentu aliran air yang hendak masuk di persawahan sudah ada pembuangannya mengarah ke sungai”
   Di tempat yang berbeda, M.yusuf, yang juga bendahara kelompok tani TELADAN juga merasa bersyukur dengan Optimasi saluran yang di tempatkan di desa Samasubur ” saya juga merasa bersyukur dengan adanya Optimasi saluran persawahan di Desa kami, sebab sawah kami setiap musim hujan tiba, selalu mengalami gagal panen, sehingga hasil yang kami dapatkan tidak sesuai dengan harapan”.
Komentar Anda